Black Moustache

Minggu, 24 Juni 2012

Cantik Luar dan Dalam

Hello, blog walking!☺ I just found an article on Google,the title is like the title in this posting. Okay, check it out aja deh guys&gals, semoga berguna yaps :)

-----------------------------------------------------------------------

SAYA bukan ahli kecantikan, bukan juga praktisi yang berkaitan dengan sisi-sisi keanggunan kaum perempuan. Meski pernah menulis sebuah buku berjudul All About Inner Beauty terbitan Gramedia Pustaka Utama beberapa tahun silam, itu juga bukan berarti saya bergelut di bisnis yang berkaitan dengan kiat-kiat jitu untuk perempuan yang ingin tampil anggun. Namun, sebagai seorang pria, saya bisa melihat dan merasakan bagaimana seharusnya seorang perempuan bisa cantik luar-dalam. Berikut beberapa butir tip cantik luar-dalam dari kacamata pria, terutama dari sudut pandang diri saya sendiri.

1. Kecantikan Wajah, Tak Cukup?
Wajah yang cantik didambakan banyak orang, khususnya perempuan, karena cantik memang identik dengan perempuan. Kecantikan wajah ini sangat membantu banyak perempuan dalam meniti kariernya, terutama di dunia hiburan. Lihat saja sinetron antah-berantah itu, jualan utamanya adalah artis-artis yang cantik, akting bisa dipoles. Begitu pun di dunia model atau fashion, mana ada perempuan buruk rupa bisa muncul di situ. Ini hanya sedikit bukti bahwa kecantikan merupakan "jualan" utama dan banyak orang merasa mendapatkan rezeki luar biasa dari kecantikannya. Ini patut disyukuri.
Akan tetapi, cantik wajah tidaklah cukup. Saya sering kali merasa kagum kepada perempuan yang cantik luar biasa, pada awalnya, namun pada akhirnya berkomentar, "Aduh, cantik-cantik kok bicaranya mrepet pet pet... nggak bisa dipotong..." Ups, dari sini menurut saya kecantikan itu menjadi luntur, nggak ada artinya, tidak anggun lagi. Ini hanya masalah kecil mungkin bagi sebagian orang, tapi bagi saya, pupus sudah rasa kagum saya pada perempuan cantik, tapi tidak bisa mengendalikan diri dari cara berbicara. Itu poin pertama.

2. Cerdas
Kecantikan fisik tanpa didukung kecerdasan juga tidaklah lengkap. Saya sering kali melihat di layar televisi, figur publik yang cantik, tapi "otaknya nggak berisi penuh". Ketika ditanya reporter/wartawan tentang topik tertentu, jawabnya "nggak nyambung". Jaka sembung naik ojek, kagak nyambung, jek. Sayang, bukan? Ketika Anda dikaruniai wajah cantik, segera sadar diri, bahwa otak Anda juga harus "tampil cantik". Jangan sibuk berdandan dari sisi luar, tapi otak Anda telantarkan. Jangan puas hanya mampu menjaga citra kecantikan, namun citra otak tak punya.

ebagai perempuan yang cantik, Anda harus cerdas. Itu wajib. Tidak harus menjadi ilmuwan, karena kecerdasan, dalam level terendah sekalipun, tetap bernama kecerdasan. Orang akan mengagumi Anda jika Anda cerdas, bahkan meskipun Anda tidak cantik dari sisi wajah menurut penilaian umum. Kecerdasan sangat penting, karena itu juga menunjukkan bahwa "isi daleman" Anda berbobot, bukan fisik semata.

3. Tenang dalam Pembawaan
Kecantikan akan luntur jika Anda suka gaduh, berisik, tapi tidak berisi. Tenang dalam pembawaan, bukan berarti Anda harus menjadi pendiam, akan menyokong kecantikan wajah Anda. Ini juga menunjukkan bahwa Anda "dewasa dalam bersikap". Anda bisa menempatkan diri, bisa melontarkan ucapan atau pendapat pada saat yang tepat. Bayangkan, seandainya di suatu tempat atau ruangan yang saat itu membutuhkan keheningan dan konsentrasi, tapi sikap Anda menjadi pusat perhatian karena Anda berisik, apa respons orang-orang sekitar Anda. Pasti mereka akan bisik-bisik, "Cantik-cantik kok nggak bisa jaga mulut."

Nah, jika ini Anda dengar, bukankah Anda juga tersinggung. Jadi, tenanglah dalam pembawaan, namun bukan berarti setenang dan sehening embun pagi. Ini hanya masalah menempatkan diri, kapan saatnya Anda diam dan kapan saatnya Anda berbicara. Itu saja.
 
4. Inspiratif
Perempuan harus bisa menginspirasi orang lain, baik itu teman-teman sekitarnya maupun untuk keluarganya. Dari sisi-sisi tertentu, perempuan lebih diperhatikan dibandingkan pria. Ini membuka kesempatan bagi diri Anda untuk inspiratif. wajah yang cantik menjadi modal awalnya, bukan? Ketika banyak orang telah tersedot perhatiannya karena kecantikan wajah Anda, maka barengilah dengan kemampuan "dalam" Anda untuk lebih menarik minat mereka terhadap diri Anda. Ketertarikan yang positif ini bisa Anda manfaatkan, misalnya, untuk mengungkapkan wawasan atau pandangan Anda. Bisa juga dengan perilaku baik yang Anda tunjukkan, orang lain menjadi tertarik meniru pribadi Anda. Biarkan orang lain berkomentar, "Nggak sia-sia dia punya wajah cantik. Perilakunya juga baik, wawasannya luas, dan mudah gaul."
Tidak ada hal yang mudah mungkin pada awalnya, namun ketika setiap proses menjadi cantik luar-dalam bisa Anda hayati, maka semakin bermaknalah kehadiran dan peran Anda untuk orang lain. Jangan biarkan orang lain nyeletuk, "Cantik kok berisik. Cantik kok 'oon', cantik kok sombong, dan sebagainya." Biarkan diri Anda berproses menjadi inspirasi bagi orang lain.

Keempat butir tip di atas hanya sekilas saya tuliskan. Semoga Anda meresponsnya dengan senang hati. Maaf, bila ada kalimat yang menyinggung perasaan Anda. Selamat beraktivitas untuk kehebatan diri Anda dan orang lain yang selalu Anda cintai dan sayangi.

(source: www.buahaticerdas.com)

----------------------------------------------------------------

Thank you for reading! xoxo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar